sejarah perkembangan SI dan TI beserta software dan hardwarenya. beserta profesi di antara keduanya

Perkembangan Sistem Informasi
Manusia mulai mempertukarkan informasi sejak dahulu kala, sekitar 3000 tahun sebelum masehi atau jik dihitung sudah lebih dari 5000 tahun yang lalu. Cara mempertukarkan informasi itu adalah dengan menuliskannya pada batu, kayu, papirus atau tanah liat. Awal sejarah perkembangan sistem informasidimulai dari sini. Tanpa langkah yang dilakukan oleh manusia kuno ini, tidak akan ada perangkat teknologi canggih seperti komputer dan telepon seluler. Ada empat tahapan yang dilalui dalam perkembangan komunikasi dan informasi,diantaranya dapat kami jabarkan dibawah ini.
  • Periode pertama: Pra Mekanik
Pada periode ini, komunikasi menggunakan simbol untuk menyampaikan informasi. Pada tahun 3000-2000 sebelum masehi, manusia menggunakan gambar juga untuk menyampaikan pesan. Contohnya adalah bangsa Fenisia yang mendiami Timur Tengah (saat ini Lebanon) menciptakan model yang sama. Bangsa Yunani Kuno mengadaptasi simbol milik bangsa Fenisia dengan menambahkan huruf vokal yang membuatnya mudah digunakan. Bangsa Romawi Kuno kemudian memakainya juga, yang mana saat ini menjadi alfabet yang kita kenal dan gunakan saat ini. Pembuatan buku dari papirus yang dilekatkan dimulai pada tahun 600 sebelum masehi. Pada awalnya hanya pemuka agama dan pemimpin yang memiliki koleksi buku. Setelah itu ada bangsa Mesir Kuno yang menciptakan sistem angka, sehingga juga mengarahkan pada penemuan alat bantu hitung yang disebut abakus.
  • Periode kedua: Mekanik
Masa ini termasuk dalam masa abad pertengahan. Dimana orang sudah menggunakan peralatan untuk menyimpan, mengolah dan merekam informasi. Salah satu penemuan terpenting dalam masa ini adalah mesin cetak Gutenburg dari Jerman. Penyampaian informasi menjadi lebih mudah dikarenakan mesin cetak dapat memproduksi tulisan yang sama dalam jumlah besar. Pada tahun 1600, komputer atau mesin hitung pertama kali diciptakan oleh Blaise Pascal. Komputer ini disebut sebagai Pascaline dan dianggap sebagai titik awal mesin menggantikan otak manusia dalam menghitung data.
  • Periode ketiga: Elektromekanik
Pada masa ini, penggunaan listrik untuk memberikan energi untuk menjalankan penemuan mesin sesudah Pascaline terus ditemukan. Pada periode ini pula diciptakan telepon dan kode Morse untuk digunakan dalam komunikasi jarak jauh secara langsung. Kemudian diperkenalkan komputer pertama yang digunakan untuk menyimpan program dan data pada awal 1948. Komputer tersebut adalah Dubbed Manchester Mark 1. Komputer ini adalah awal penemuan teknologi selanjutnya yang sekarang menjadi komputer, laptop, tablet dan smartphone.
  • Periode keempat: Elektronik
Jean Hoerni mengembangkan transistor planar pada tahun 1957. Alat ini dapat mengintegrasikan semua sirkuit yang diciptakan tahun-tahun selanjutnya. Pada tahun 1960, Departemen Pertahanan Amerika Serikat mendirikan ARPANET (Advanced Research Project Agency NETwork) yang mana ini adalah cikal bakal dari Internet yang anda gunakan sekarang ini. Pada saat itu ARPANET hanya digunakan untuk pemerintah, penelitian dan universitas. Peneliti dari MIT yang bernama Licklider memperluas ARPANET ke jaringan komputer di seluruh dunia untuk interaksi sosial. Ini terjadi pada tahun 1962. Pada tahun 1968, Andrew Grove, Gordon Moore dan Robert Noyce telah menciptakan mikrochip pertama kalinya. Mereka lalu menjual rancangan tersebut kepada intel untuk diproduksi secara massal.
Setelah keempat era ini, perkembangan teknologi berlangsung secara cepat. Ditemukannya sistem operasi UNIX, komputer dari Apple, sistem operasi Windows, Linux, era dot com dan masih penemuan terbaru lainnya yang belum bisa kita sebutkan satu persatu. Semoga artikel penjelasan sejarah perkembangan sistem informasi di atas bisa menambah pengetahuan kamu di dunia komputer.
Sejarah dan Perkembangan Hardware

Sejarah perkembangan hardware dibedakan dalam dua periode perkembangan yaitu periode sebelum tahun 1940 dan sesudah tahun 1940.Sebelum tahun 1940 dikatakan sebagai evolusi komputer dengan teknologi mekanik.
Sejarah komputer dimulai ketika lahirnya komputer generasi pertama yang diberi nama ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Calculator).Kebanyakan orang mengenal sejarah komputer yang pertama kali dibuat adalah ENIAC. Komputer ENIAC yang merupakan komputer elektronik yang mempunyai bobot seberat 30 ton, panjang 30 m dan tinggi 2.4 m dan membutuhkan daya listrik 174 kilowatts. Padahal komputer digital pertama sebenarnya adalah ABC (Atanasoff-Berry Computer). Adalah Vincent Atanasoff ,pendiri ABC yang lahir pada 4 Oktober 1903 di Hamilton, New York, namun dibesarkan di Brewster, Florida. Sejak kecil Atanasoff telah menunjukkan ketertarikannya pada matematika adalah matematika binari dan logika Boolean. Solusi itu dianggapnya pas untuk komputer digital yang sedang dirancangnya.
Pada September 1939, Atanasoff mendapat suntikan dana sebesar 650 dolar AS. Selain itu, ia pun mendapat bantuan tenaga dan pikiran dari Clifford Berry, salah satu mahasiswanya yang sama-sama gandrung akan solusi digital.
Atanasoff dan Berry segera mewujudkan komputer impian mereka pada November 1939. Prototipe yang mereka buat ternyata dapat bekerja. Atanasoff menamakan mesin hitung digitalnya itu dengan ABC. Kependekan dari Atanasoff-Berry Computer. Namun ketenarannya menjadi pudar setelah “diserobot” ENIAC.
Proposal ENIAC dirancang pada tahun 1942 dan mulai di buat pada tahun 1943 oleh Dr. John Mauchy dan John Presper Eckert di Moore School ofElectrical Engineering (University of Pennsylvania) dan baru selesai pada tahun 1946.
Komputer generasi pertama dibangun selama interval tahun 1940 sampai dengan 1959. Meskipun ENIAC ataupun ABC saling mengklaim sebagai komputer pertama didunia, namun mereka bukanlah komputer yang dipasarkan secara komersial pertama didunia. UNIVAC adalah jenis komputer pertama didunia yang dipasarkan secara komersial. Komputer jenis ini diproduksi oleh produsen IBM dan Sperry yang digunakan pertama kali untuk keperluan kalkulasi sensus penduduk negara Amerika Serikat tahun 1951 dan dioperasikan sampai tahun 1963. Selain itu, IBM memproduksi IBM 605 dan IBM 701 tahun 1953 yang berorientasi pada aplikasi bisnis dan merupakan komputer yang paling populer sampai dengan tahun 1959. IBM 705 dikeluarkan untuk mengantikan IBM 701.
Adapun karakteristik atau ciri-ciri dari komputer generasi pertama adalah yaitu berukuran sangat besar, untuk penempatannya membutuhkan ruang 500 m dengan menggunakan 18.000 tabung hampa udara, 75.000 relay dan saklar, 10.000 kapasitor dan 70.000 resistor. Ketika di operasikan membutuhkan daya listrik sebesar 140 kilowatt dengan berat lebih dari 30 ton dan menempati ruangan sekitar 167 m2 .
Komputer generasi kedua dibangun sekitar tahun 1959 hingga tahun 1964 dengan mempunyai spesifikasi antara lain menggunakan teknologi sirkuit berupa transistor dan diode untuk mengantikan tabung vakum Sudah menggunakan bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti FORTRAN(Formula Translator) digunakan untuk penyelesaian matematika dan COBOL(Common Bussiness Oriented Language) digunakan untuk masalah peradagangan.
.Kapasitas memori utama dikembangkan dari Magnetic Core Storage.Menggunakan simpanan luar berupa magnetic tape dan magnetic disk .Kemampuan melakukan proses real time dan real sharing . Ukuran fisiknya sudah lebih kecil dari generasi pertama . Proses operasi sudah lebih cepat,yaitu bisa melakukan jutaan operasi per detik . Kebutuhan akan daya listriklebih kecil . Orientasinya program tidak lagi tertuju pada aplikasi bisnis, tetapi juga sudah ke aplikasi teknik .
Selanjutnya komputer generasi ketiga dibangun pada tahun 1964 sampai dengan tahun 1970 dengan memiliki spesifikasi sebagai berikut antara lain komputer generasi ketiga menggunakan teknologi Integrated Circuit (IC)hingga generasi sekarang. IC di buat pertama kali oleh Texas Instrumentsdan Fairchild Semiconductor pada tahun 1959 yang hanya berisi enam transistor dan sekarang IC  memiliki miliaran transistor. Contoh Komputer Generasi III adalah: IBM S/360, UNIVAC 1108, UNIVAC 9000, NCR Century, GE 600, CDC 3000. Komputer generasi ketiga mempunyai ciri-ciri sebagai berikut antara lain :
·         Karena menggunakan IC maka kinerja komputer menjadi lebih cepat dan tepat. Kecepatan hampir 10.000 kali lebih cepat dari komputer generasi pertama .
·         Peningkatan dari sisi software.
·         Kapasitas memori lebih besar dan dapat menyimpan ratusan ribu karakter (sebelumnya hanya puluhan ribu).
·         Menggunakan media penyimpan luar disk magnetik yang sifat pengaksesan datanya secara acak   dengan kapasitas jutaan karakter .
·         Penggunaan listrik yang lebih hemat.
·         Kemampuan untuk melakukan multiprosesing dan multitasking.
·         Telah menggunakan terminal visual display dan dapat mengeluarkan suara.
·         Harga yang semakin murah .
·         Kemampuan untuk melakukan komunikasi dengan komputer lain.
Komputer Generasi Keempat adalah lanjutan dari Generasi Ke III yang dibangun mulai tahun 1970 sampai tahun 1980-an. Bedanya komputer GIV mengunakan IC yang lebih kompleks dan terintegrasi. Large Scale Integration – Bipolar LSI – Very LSI Ã  yang dapat menampung ribuan hingga ratusan ribu IC. Tahun 1971 INTEL memperkenalkan microkomputer 4 bit yang menggunakan chip prosesor dengan nama 4004 yang berisi 230 transistor dan berjalan pada 108 KHz dan dapat mengeksekusi 60.000 operasi per detik. Tahun 1972 INTEL memperkenalkan mikrokomputer 8008 yang memproses 8 bit informasi pada satu waktu .
Tahun 1974 INTEL membuat Prosesor 8080 untuk tujuan umum pertama kali.Pada Generasi Keempat tampilan monitor masih satu warna (green color)Komputer Generasi Ke empat adalah IBM 370, Apple I dan Apple II, PDP-11, VisiCalc dan Altair yang menggunakan prosesor Intel 8080 dengan sistem Operasi CP/M (Control Program for Microposessor) dengan Bahasa Pemrograman BASIC (Beginner’s All Purpose Symbolic Instruction Code) digunkaan untuk perhitungan matematika dan perhitungan dagang yang sederhana..
Komputer generasi kelima mulai dibangun pada tahun 1980-an. Akhir tahun 1980, IBM memutuskan untuk membangun sebuah Komputer Personal (PC) secara masal.Tanggal 12 Agustus 1981 menjadi sebuah standard komputer PC yang dinamakan IBM-PC. Prosesor yang digunakan 8088/8086 yang merupakan standar komputer saat itu dengan menggunakan basis proses 18 bit per satuan waktu. Dengan lahirnya komputer IBM bekerjasama dengan Microsoft untuk mengembangkan Software. Mulai dikembangkan standar PC yang dikenal dengan PC-Compatible dan dikembangkan oleh perusahaan seperti Intel dan Microsoft yang dipelopori oleh Wiliam Bill Gates. Generasi kelima telah dilakukan pengembangan dengan apa yang dinamakanJosepson Junction, teknologi yang mengantikan chip yang mempunyai kemampuan memproses triliyunan operasi per detik sementara teknologi chip hanya mampu memproses miliaran operasi perdetik.
Komputer pada generasi ini komputer dapat menerjemahkan bahasa manusia serta adanya penghematan energi komputer. Sifat ini dinamakan “artifical intelegence” Selain itu berbasis GUI, Multimedia danMultikomunikasi. Contoh komputer yang lahir generasi kelima berbasis  x86, seperti chip 286 yang dikenalkan tahun 1982 dengan 134.000 transistor, kemudian chip 386 tahun 1983 dengan 275.000 transistor, sedangkan chip 486 diperkenalkan pada tahun 1989 yang memiliki 1,2 juta transistor.Selanjutnya tahun 1993 Intel memperkenalkan keluarga prosesor 586 yang disebut dengan PENTIUM 1 dengan jumlah transistor 3,1 juta untuk melakukan MIPS (Million Instruction per Second). Kemudian Generasi berikut Pentium 2, 3 dan 4. Pada akhir tahun 2000 Intel memperkenalkan Pentium 4 yang merupakan prosesor terkahir dari keluarga Intel dengan arsitektur 32 bit. Tahun 2001 Intel mengumumkan prosesor ITANIUM (Code Named Merced) yang merupakan prosesor yang berbasis arsitektur 64 bit.
Kini sebuah komputer modern mempunyai spesifikasi yang lebih canggih misalnya saja kapasitas RAM (Random Access Memory) yang besar serta VGA (Visual Graphic Adapter) yang mampu menjalankan program dengan kapasitas besar serta dengan gambar visual yang bagus. Kini komputer memiliki bentuk yang lebih simple dan mudah dibawa kemana-mana. Adapun bentuk dari komputer yang simpel tersebut antara lain Laptop, komputer tablet, dll.
Produsen processor pun semakin lama semakin menyempurnakan dan membuat varian-varian baru yang semakin kompleks dan semakin memudahkan penggunanya. Sebut saja perusahaan processor dunia Intel yang kini sudah memiliki generasi processor terbaru Intel i7 dengan pilihan operating system Home Premium maupun Ultimate. Intel sebelumnya juga sukses dengan processor generasi pentium, mulai dari pentium 1 hingga pentium 4, sebelum meluncurkan Intel Core 2 DUO yang disusul oleh generasi Intel i mulai i3, i5 dan yang terakhir  Intel i7.
Adapun contoh-contoh hardware antara lain yaitu :
1.    Prosesor atau CPU sebagai unit yang mengolah data.
2.    Memori RAM, tempat menyimpan data sementara.
3.     Hard drive, media penyimpanan semi permanen.
4.     Perangkat masukan, media yang digunakan untuk memasukkan data untuk diproses oleh CPU, seperti mouse, keyboard, dan tablet.
5.     Perangkat keluaran, media yang digunakan untuk menampilkan hasil keluaran pemrosesan CPU, seperti monitor dan printer.
Hardware dalam sebuah komputer masih terbagi lagi dalam dua kategori, yaitu input hardware dan output hardware. Berikut penjabarannya :
1.    Input Hardware
Input adalah alat yang digunakan untuk menerima input dari luar sistem, dan dapat berupa signal input atau maintenance input. Contoh dari input hardware adalah Keyboard, Alat Penunjuk( Mouse, Trackball), Joystick, Scanner, Webcam, dan Tablet grafis.
2.    Output Hardware
·         Hard-copy device , yaitu alat yang digunakan untuk mencetakkarakter pada media keras seperti kertas .
·         Soft-copy device, yaitu alat yang berfungsi  untuk menampilkankarakter pada media lunak yaitu yang berupa sinyal-sinyal elektronik.
·         Adapun contoh dari outpit hardware adalah Printer dan Monitor.

II.         Sejarah dan Perkembangan Software
1.    Software sebelum komputer generasi pertama

Pada tahun 300 SM, bangsa Yunani menciptakan suatu system komunikasi yang disebut dengan polybius telegraph. System itu menggunakan obor untuk mengirim berita dari suatu tempat ke tempat lain.

Tahun 1842 perangkat lunak pertama muncul yang ditulis oleh Ada Augusta, anak perempuan dari Lord Byron. Software ini diterapkan pada Analytical Engine ciptaan Charles Babbage. Tahun 1933 Wallace J. Eckert menciptakan suatu program mekanik yang dipergunakan mengontrol jalannya suatu mesin yang merupakan gabungan dari beberapa mesin akuntansi.

2.    Software semasa komputer generasi pertama

Software pada generasi ini diciptakan oleh para ahli matematika dan ahli teknik yang digunakan untuk menyelesaikan problem yang muncul pada bidangnya. Program yang dibuat bersifat khusus karena hanya untuk satu aplikasi tertentu sehingga jika ingin digunakan untuk aplikasi lain, maka program yang baru harus dibuat lagi.

Untuk mengatasi kesulitan tersebut, maka orang menciptakan suatu bahasa pemrograman yang disebut bahasa tingkat tinggi. Dengan bahasa tingkat tinggi dilakukan dengan cara menulis program dalam bahasa Inggris yang diterjemahkan ke dalam bahasa mesin.




Komputer hanya sebagai alat yang dapat mengerjakan perintah yang diberikan oleh manusia. Bahasa yang diberikan ini menggunakan bahasa komputer.Bahasa komputer terdiri dari beratusan macam. Setiap bahasa mempunyai ciri-ciri tersendiri yang sesuai dengan bidangnya, seperti :
a.    Bahasa Cobol (Common Bussiness Oriented Language) digunakan untuk masalah peradagangan.
b.    FORTRAN (Formula Translator) digunakan untuk penyelesaian matematika
c.    BASIC (Beginner’s All Purpose Symbolic Instruction Code) digunkaan untuk perhitungan matematika dan perhitungan dagang yang sederhana.

Ada beberapa aplikasi pemrograman yang sering dipergunakan, seperti : pengolah kata, perhitungan kolom dan lajur, serta untuk perhitungan statistik dan lain-lain. Untuk mengatasai agar jangan terlalu sering menulis ulang program, dibuat suatu paket program untuk penolah kata, paket program untuk perhitungan kolom dan lajur, paket program untuk perhitungan statistik dansebagainya.
Pembuat paket program pengolah kata cukup banyak, misalnya : WordStar, Microsoft Word dan Word Perfect, Chi Writer dan lain-lain.

Jenis-jenis program aplikasi  adalah :
a.    Microsoft Excel
Adalah program aplikasi yang digunakan untuk menyelesaikan perhitungan berupa baris dan kolom.
b.    Microsoft Powerpoint
Adalah program yang digunakan untuk menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan presentasi.
c.    Microsoft Access
Adalah program yang digunakan untuk menyelesaikan masalah pengolahan data / database.
d.    Computer Aided Design
Untuk menangani bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, seperti : merancang gedung, merancang bentuk mobil dan sebagainya.
e.    DecEasy Accounting
Untuk menyelesaikan masalah perhitungan/pelaporan dalam bidang akuntansi dan sebagainya.



Berdasarkan perkembangannya perangkat lunak sampai dengan sekarang dibagi menjadi beberapa era yaitu :
§  Era Pemula (Pioneer) Bentuk perangkat lunak pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer, Pada era ini, perangkat lunak merupakan satu kesatuan dengan perangkat kerasnya.
§  Era Stabil Pada era stabil penggunaan komputer sudah banyak di gunakan, tidak hanya oleh kalangan peneliti dan akademi saja, tetapi juga oleh kalangan industri / perusahaan.
·         Perusahaan perangkat lunak bermunculan, dan sebuah perangkat lunak dapat menjalankan beberapa fungsi
·         perangkat lunak mulai bergeser menjadi sebuah produk.
·         Baris-baris perintah perangkat lunak yang di jalankan oleh komputer bukan lagi satu-satu, tapi sudah seperti banyak proses yang di lakukan secara serempak (multi tasking).
·         Sebuah perangkat lunak mampu menyelesaikan banyak pengguna (multi user) secara cepat/langsung (real time).
·         Pada era ini mulai di kenal sistem basis data, yang memisahkan antara program (pemroses) dengan data (yang di proses).
·                     Era Mikro Sejalan dengan semakin luasnya PC dan jaringan komputer di era ini, perangkat lunak juga berkembang untuk memenuhi kebutuhan perorangan. Perangkat lunak dapat di bedakan menjadi perangkat lunak sistem yang bertugas menangani internal dan perangkat lunak aplikasi yang di gunakan secara langsung oleh penggunanya untuk keperluan tertentu. Automatisasi yang ada di dalam perangkat lunak mengarah ke suatu jenis kecerdasan buatan.
Era Modern Saat ini perangkat lunak sudah terdapat di mana-mana, tidak hanya pada sebuah superkomputer dengan 25 processor-nya, sebuah komputer genggampun telah di lengkapi dengan perangkat lunak yang dapat di sinkronkan dengan PC.
Tingkat kecerdasan yang ditunjukkan oleh perangkat lunak pun semakin meningkat, selain permasalahan teknis, perangkat lunak sekarang mulai bisa mengenal suara dan gambar. Bahkan kini terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat menghibur si pengguna komputer, semisal aplikasi permainan maupun lainnya.
 Software Komputer adalah kumpulan dari intruksi atau statement yang di susun secara logis dan berbentuk kode yang hanya dapat di mengerti oleh komputer. Teori pertama tentang Software Komputer diusulkan oleh Alan Turing pada tahun 1935-nya nomor esai Komputasi dengan aplikasi ke (masalah Keputusan) Entscheidungsproblem. “Software” istilah pertama kali digunakan di cetak oleh John W. Tukey pada tahun 1958. Dalam ilmu komputer dan rekayasa Software, Software adalah semua informasi diproses oleh program sistem komputer, dan data.

Software Komputer ini berangsur-angsur mengalami perkembangannya. Berdasarkan perkembangannya, Sejarah Perkembangan Software Komputer dibagi dalam beberapa era yaitu Era Pioneer, Stabil, Mikro, dan Modern. Berikut adalah Sejarah Perkembangan Software Komputer :

1. Era Pioneer. Pada Era Pioneer ini bentuk software komputer pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer, Cara dalam mengakses komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang di lubangi. Penggunaan komputer dengan sebuah program yang digunakan untuk sebuah mesin tertentu dan untuk tujuan tertentu. Di era ini software komputer merupakan satu kesatuan dengan sebuah hardware komputer.

2. Era Stabil. Pada Era ini software komputer yang dijalankan bukan lagi satu-satu, tapi sudah banyak proses yang di lakukan secara bersamaan (multi tasking). Software Komputer pada era stabil ini juga mampu menyelesaikan banyak pengguna (multi user) dan secara cepat/langsung (real time). Di era ini jugalah mulai di kenal sistem basis data, yang memisahkan antara program dan data .

3. Era Mikro. Pada Era Mikro ini software komputer dapat dibedakan menjadi beberapa bagian yaitu Software Sistem (Windows, Linux, Machintos, dll), Software Aplikasi (Ms.Office, OpenOffice, dll) dan Languange Software/Bahasa Pemograman (Assembler, Visual Basic, Delphi, dll)

4. Era Modern. Pada Era Modern ini software komputer tidak hanya untuk sebuah komputer tetapi sebuah handphone pun telah di lengkapi dengan sebuah software sistem seperti Android, Symbian, dll. Tingkat kecerdasan yang ditunjukkan oleh software komputer pun semakin meningkat, selain permasalahan teknis, software komputer sekarang juga mulai bisa mengenal suara dan gambar.

Tahun-tahun Penemuan Software Komputer


# Pada tahun 1945 sampai 1965
Istilah software engineering digunakan pertama kali pada akhir 1950-an dan awal 1960-an. Pada tahun 1968 dan 1969, komite sains NATO mensponsori dua konferensi tentang rekayasa perangkat lunak, yang memberikan dampak kuat terhadap perkembangan rekayasa perangkat lunak. Banyak yang menganggap bahwa dua konferensi inilah yang menandai awal resmi profesi rekayasa perangkat lunak.

# Pada tahun 1965 sampai 1985
Pada tahun ini banyak masalah yang ditemukan para praktisi pengembangan perangkat lunak. Pada tahun ini disebut juga sebagai krisis perangkat lunak. Karena banyak projek yang gagal dalam pengembangan perangkat lunak komputer ( software komputer). Dalam projek ini banyak kasus-kasus yang terjadi, salah satu yang paling terkenal adalah meledaknya roket Ariane akibat kegagalan perangkat lunak.

# Pada tahun 1985
Selama bertahun-tahun, para peneliti memfokuskan usahanya untuk menemukan teknik jitu untuk memecahkan masalah krisis perangkat lunak. Berbagai teknik, metode, alat, proses diciptakan dan diklaim sebagai senjata pamungkas untuk memecahkan kasus ini. Mulai dari pemrograman terstruktur, pemrograman berorientasi object, perangkat pembantu pengembangan perangkat lunak (CASE tools), berbagai standar, UML hingga metode formal diagung-agungkan sebagai senjata pamungkas untuk menghasilkan software yang benar, sesuai anggaran dan tepat waktu.

Pada tahun 1987, Fred Brooks menulis artikel No Silver Bullet, yang berproposisi bahwa tidak ada satu teknologi atau praktik yang sanggup mencapai 10 kali lipat perbaikan dalam produktivitaspengembangan perangkat lunak dalam tempo 10 tahun.

Mengembangkan sistem software yang kompleks,cukup kompleks, membutuhkan waktu dan biaya yang cukup besar. kita akan melihat pada lima metodologi secara garis besar yang biasanya dikembangkan dan digunakan:

1.  Structured Programming - Sturctured programming berurusan dengan penggunaan blok sturktur, state procedure call, dan beragam konstruksi loop yang sesuai. Kita dapatkan mantra baru untuk ini:”go to considered harfull”(kita mencari hal yang diperkirakan salah/merugikan).Ide yang cukup jelas untuk memberikan pengetahuan/pengertian terhadap flow kontrol program dengan mudah, agar program disusun secara terstruktur dan transparan. Penulis berpendapat bahwa ide dari structured programming telah terintegrasi pada semua metodologi yang muncul setelahnya.

2.  Object Oriented Programming - Metodologi Object Oriented Programming (OOP) berkembang dari ide structrured programming. OOP mengatur komplesitas software dengan memaketkan kode dan data yang biasa digunakan bersama. sebagai object software dan juga sebagai model benda non-material seperti prosess, cara mengorganisasi informasi dan lain sebagainya sebagai object software.
Sebuah object software dapat menjaga internal statenya sendiri. Hal ini sangat berbeda dengan program terstruktur yang kodenya bisa terstruktur dan dapat dimengerti dengan mudah, tetapi global data yang dipakai bersama terdapat pada semua bagian sistem software-termasuk didalamnya bagian tanpa kebutuhan untuk akses atau modifikasi data tersebut.

3.  Design Patterns - Pada pengembangan software, penggunaan design patern didasarkan pada observasi bahwa beberapa proyek software gagal sementara proyek yang mirip berhasil (hal ini dapat berupa pola managemen, pole penjadwalan, pola testing dll). pada desain software, penggunaan pola didasarkan pada observasi lebih lanjut pada pola desain umum untuk tugas yang hampir sama digunakan berulangkali untuk proyek yang berhasil.

4. Extreme Programming - Extreme programming didasarkan pada identifikasi kebutuhan kostumer dan berkonsentrasi pada pengembangan dan pembuatan kebutuhan pelanggan (kostumer) dengan cepat. Extreme programming merupakan pendekatan yang berbeda dengan skenario tradisional yang memerlukan waktu baik pengembang maupun pelanggan untuk mencoba (biasanya dengan tingkat kesuksesan yang terbatas) mendokumentasikan secara detail software yang telah dikembangkan selama beberapa lama waktu yang dihabiskan. pengembang yang berpengalaman mengerti bahwa implementasi yang ter-stag secara positif berpengaruh pada proses desain. extreme programming secara special efektif ketika kebutuhan kompleks dan tidak memerlukan hal seperti sebelumnya.
Extreme programming biasanya dideskripsikan sebagai sebuah phrase yang cukup berarti bagi penulis: test driven programming, menulis kode test sebelum menulis kode aplikasi, kemudian menulis software cukup untuk memenuhi unit test

5. Aspect oriented Programming - Ide utama dibalik aspect oriented programming (AOP) adalah pemisahan konsentrasi sistem software pada bagian yang berbeda. pada prinsipnya, pilosofi ini mengijinkan pengembangan sistem yang lebih modular, dengan modularitasnya terkontrol oleh konsentrasi pengembangan yang berbeda. untuk programmer java, direkomendasikan untuk mencari AspectJ project

profesi yang ada di SI
antara lain ProgrammerJunior Manager Assistant System Analyst AssistantApplication developmentMonitoring SystemSearch Engine OptimizerNetwork Administrator, dan beberapa pekerjaan yang masih berkaitan dengan teknologi informasi lainnya. Perusahaan yang membutuhkan adalah perusahaan yang bergerak di berbagai bidang, mulai dari perbankan, keuangan, asuransi, otomotif, industri software, dan lainnya.  Sistem kerja ada yang tetap, per jam, kontrak, paruh waktu, dan sebagainya.

profesi yang ada di TI
1. PROGRAMMER  

Programmer merupakan profesi yang cukup banyak diincar oleh lulusan TI karena kemungkinan gaji yang didapat lumayan besar.
Programmer yaitu bekerja dengan membuat suatu aplikasi untuk client/user baik untuk perorangan ataupun instansi/perusahaan.
Untuk 1 program yang dibuat bisa dibayar puluhan juta rupiah.
Tetapi biasanya programmer tidak bekerja sendiri melainkan kelompok oleh karena itu jurusan TI harus mampu untuk bekerja teamwork.
Untuk programmer sendiri harus bisa memahami logika dan algoritma untuk memcahkan masalah di dalam program tersebut.
Banyak sekali program yang bisa dibuat oleh programmer dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman.
Jadi seorang programmer setidaknya harus menguasai sekali satu bahasa pemroraman.
  
Tugas:
1. Membangun/mengembangkan software terutama pada tahap construction dengan melakukan coding dengan bahasa pemprograman yang ditentukan
2. Mengimplementasikan requiremant dan desain proses bisnis ke komputer dengan menggunakan algoritma /logika dan bahasa pemprograman
3. Melakukan testing terhadap software bila diperlukan

Keahlian yang Diperlukan:
1. Menguasai Algoritma dan logika pemprograman (ini penting sekali)
2. Memahami metode, best practice dan tool/pemodelan pemprograman seperti OOP, design pattern, UML (kemampuan membaca dan menerapkan)
3. Menguasai salah satu atau beberapa bahasa pemprograman populer seperti C++, VB, PHP, C#, Java, Ruby dll (untuk web developer perlu juga menguasai HTML, DHTML, CSS, JavaScript dan AJAX)
4. Memahami RDBMS dan SQL (Structured Query Language)
5. Menguasai bahasa Inggris (hal ini sangat penting saat ini karena bahasa en-US merupakan bahasa ibu di dunia IT)

2. NETWORKING / JARINGAN

Profesi ini juga cukup banyak untuk jurusan TI. Disini kita harus mampu untuk membangun sebuah jaringan untuk perusahaan kecil maupun perusahaan besar.
Kita harus bisa merencanakan kira-kira topologi apa yang harus dibuat dan apa saja yang deperlukan seperti berapa server yang harus digunakan, berapa workstation yang dipakai, hub / switch berapa banyak yang digunakan,dsb.
Alat-alat yang digunakan harus direncanakan dengan baik agar sesuai dengan perusahaan sehingga tidak berlebih atau kekurangan.
Disini juga kita harus bisa memasang jaringan itu.
Jaringan memiliki lisensi resmi yaitu CISCO.
Diusahakan untuk mengikuti lisensi ini bila ingin menjadi networking.

3. SYSTEM ANALYST

Tugas:
1. Membangun/mengembangkan software terutama pada tahap requirement, design dan sebagian dalam tahap construction/implementation
2. Membuat dokumen requiremant dan desain software berdasarkan proses bisnis customer/client
3. Membuat proposal dan mempresentasikannya di hadapan stake holder / customer / client
4. Membuat desain database bila aplikasi yang akan di bangun memerlukan database
5. Membangun/mengembangkan framework/library untuk digunakan dalam pengembangan software oleh programmer.

Keahlian yang Diperlukan:
1. Menguasai hal-hal yang dikuasai programmer
2. Menguasai metode, best practice pemprograman dan tool/pemodelan pemprograman seperti OOP, design pattern, UML (kemampuan membangun/mendesain)
3. Menguasai SQL,ERD dan RDBMS secara lebih mendalam
4. Memahami tentang arsitektur aplikasi dan teknologi terkini

4. IT SUPPORT
Paling banyak lulusan teknik informatika yang mengambil profesi ini, mereka menganggap bahwa profesi ini paling mudah. Cukup dengan memiliki kemampuan untuk memperbaiki komputer, install software, atau membuat jaringan komputer. Profesi ini harus dapat mengatasi masalah pada komputer dalam kondisi kritis, misalnya terserangnya sistem komputer oleh virus. Selain itu profesi ini harus mengerti dan selalu update tips dan tricks aplikasi office, atau lainnya. Banyak pengguna yang masih membutuhkan bantuan dalam mengoperasikan aplikasi office atau aplikasi lainnya.
Tapi sayang sekali bila kita mengambil profesi ini karena tanpa kuliah di jurusan TI pun kita dapat melakukannya dengan belajar secara OTODIDAK maupun dengan LES Komputer.

5. SOFTWARE ENGINEER

Tugas:
1. Melakukan tugas-tugas programmer, system analyst dan sebagian tugas SQA engineer
2. Merekomendasikan dan menerapkan metodologi terbaik dalam sebuah proyek software development

Keahlian yang Diperlukan:
1. Menguasai hal-hal yang dikuasai programmer, system analyst dan SQA engineer (dalam porsi yang lebih sedikit)
2. Menguasai SDLC berdasarkan SWEBOK (requirement, design, implementation/construction, testing, maintenance)
3. Menguasai metodologi software development seperti RUP, Agile, XP, Scrum dll

6. DATABASE ADMINISTRATOR

Tugas:
1. Merancang dan membangun database dalam sebuah sistem
2. Merekomendasikan solusi terbaik dalam implementasi database baik dalam hal software maupun hardware
3. Memaintain database agar dapat berjalan dengan baik dan optimal
  
Keahlian yang Diperlukan:
1. Menguasai ERD, SQL dan desain database secara mendalam
2. Menguasai berbagai teknik optimalisasi/tuning, backup dan maintain database
3. Menguasai secara mendalam salah satu atau lebih RDBMS beserta tools yang ada.
4. Memahami tentang salah satu platform/bahasa pemprograman untuk mengakses database
5. Menguasai teknologi server, storage, operating system yang berkaitan dengan implementasi database

7. SOFTWARE ARCHITECT

Tugas:
1. Merekomendasikan teknologi yang paling cocok untuk mengembangkan produk software
2. Membuat standar-standar software development yang akan digunakan oleh tim programmer / developer
3. Membuat rancangan/desain software dan proses pengembangannya secara keseluruhan

Keahlian yang Diperlukan:
1. Menguasai hal-hal yang dikuasai programmer, system analyst dan software engineer
2. Menguasai secara mendalam tentang software development technology
3. Menguasai penulisan dokumen dengan baik (dalam bahasa Inggris dan Indonesia)

8. TECHNICAL CONSULTANT / CONSULTANT IT

Tugas:
1. Memberikan konsultansi/rekomendasi mengenai solusi IT terbaik untuk memecahkan masalah
2. Membuat dokumen seperti proposal, requirement dan desain software secara umum
3. Melakukan pelatihan (training) kepada para pengguna software

Keahlian yang Diperlukan:
1. Berpengalaman dan menguasai berbagai macam proses bisnis enterprise atau jenis bisnis terentu
2. Menguasai teknologi IT secara luas
3. Menguasai secara mendalam tentang solusi software yang direkomendasikan
4. Menguasai penulisan dokumen dan komunikasi verbal dengan baik (dalam bahasa Inggris dan Indonesia)

9. USER INTERFACE DESIGNER

Tugas:
1. Mendesain user interface agar menarik dan serasi secara visual dan user friendly
2. Mendesain image/gambar/animasi yang akan digunakan di tampilan user interface (UI) software aplikasi

Keahlian yang Diperlukan:
1. Memiliki bakat/minat di seni rupa / desain visual
2. Memahami dasar-dasar pemprograman baik web maupun secara umum
3. Menguasai scripting untuk user interface seperti seperti HTML, DHTML, CSS, JavaScript, action script, XAML dll.
4. Menguasai tools manipulasi image dan animasi

10. WEB MASTER
Profesi ini banyak juga diambil oleh lulusan TI.
Jika ingin menjadi web master kita harus memiliki kemampuan dalam membangun / membuat website dari awal dengan menggunakan berbagai macam program seperti JOOMLA, DREAMWEAVER, dll. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perkembangan atau tren sistem Informasi Masa Kini dan masa depan

Discussing Topics About Traveling