sejarah perkembangan SI dan TI beserta software dan hardwarenya. beserta profesi di antara keduanya
Perkembangan Sistem
Informasi
Manusia mulai mempertukarkan informasi sejak dahulu kala,
sekitar 3000 tahun sebelum masehi atau jik dihitung sudah lebih dari 5000 tahun
yang lalu. Cara mempertukarkan informasi itu adalah dengan menuliskannya pada
batu, kayu, papirus atau tanah liat. Awal sejarah perkembangan sistem
informasidimulai dari sini. Tanpa langkah yang dilakukan oleh
manusia kuno ini, tidak akan ada perangkat teknologi canggih seperti komputer
dan telepon seluler. Ada empat tahapan yang dilalui dalam perkembangan
komunikasi dan informasi,diantaranya dapat kami jabarkan dibawah ini.
- Periode pertama: Pra Mekanik
Pada periode ini,
komunikasi menggunakan simbol untuk menyampaikan informasi. Pada tahun
3000-2000 sebelum masehi, manusia menggunakan gambar juga untuk menyampaikan
pesan. Contohnya adalah bangsa Fenisia yang mendiami Timur Tengah (saat ini
Lebanon) menciptakan model yang sama. Bangsa Yunani Kuno mengadaptasi simbol
milik bangsa Fenisia dengan menambahkan huruf vokal yang membuatnya mudah digunakan.
Bangsa Romawi Kuno kemudian memakainya juga, yang mana saat ini menjadi alfabet
yang kita kenal dan gunakan saat ini. Pembuatan buku dari papirus yang
dilekatkan dimulai pada tahun 600 sebelum masehi. Pada awalnya hanya pemuka
agama dan pemimpin yang memiliki koleksi buku. Setelah itu ada bangsa Mesir
Kuno yang menciptakan sistem angka, sehingga juga mengarahkan pada penemuan
alat bantu hitung yang disebut abakus.
- Periode kedua: Mekanik
Masa ini termasuk
dalam masa abad pertengahan. Dimana orang sudah menggunakan peralatan untuk
menyimpan, mengolah dan merekam informasi. Salah satu penemuan terpenting dalam
masa ini adalah mesin cetak Gutenburg dari Jerman. Penyampaian informasi
menjadi lebih mudah dikarenakan mesin cetak dapat memproduksi tulisan yang sama
dalam jumlah besar. Pada tahun 1600, komputer atau mesin hitung pertama kali
diciptakan oleh Blaise Pascal. Komputer ini disebut sebagai Pascaline dan
dianggap sebagai titik awal mesin menggantikan otak manusia dalam menghitung
data.
- Periode ketiga: Elektromekanik
Pada masa ini,
penggunaan listrik untuk memberikan energi untuk menjalankan penemuan mesin
sesudah Pascaline terus ditemukan. Pada periode ini pula diciptakan telepon dan
kode Morse untuk digunakan dalam komunikasi jarak jauh secara langsung.
Kemudian diperkenalkan komputer pertama yang digunakan untuk menyimpan program
dan data pada awal 1948. Komputer tersebut adalah Dubbed Manchester Mark 1.
Komputer ini adalah awal penemuan teknologi selanjutnya yang sekarang menjadi
komputer, laptop, tablet dan smartphone.
- Periode keempat: Elektronik
Jean Hoerni
mengembangkan transistor planar pada tahun 1957. Alat ini dapat
mengintegrasikan semua sirkuit yang diciptakan tahun-tahun selanjutnya. Pada
tahun 1960, Departemen Pertahanan Amerika Serikat mendirikan ARPANET (Advanced
Research Project Agency NETwork) yang mana ini adalah cikal bakal dari Internet
yang anda gunakan sekarang ini. Pada saat itu ARPANET hanya digunakan untuk
pemerintah, penelitian dan universitas. Peneliti dari MIT yang bernama Licklider
memperluas ARPANET ke jaringan komputer di seluruh dunia untuk interaksi
sosial. Ini terjadi pada tahun 1962. Pada tahun 1968, Andrew Grove, Gordon
Moore dan Robert Noyce telah menciptakan mikrochip pertama kalinya. Mereka lalu
menjual rancangan tersebut kepada intel untuk diproduksi secara massal.
Setelah keempat era ini, perkembangan teknologi berlangsung
secara cepat. Ditemukannya sistem operasi UNIX, komputer dari Apple, sistem
operasi Windows, Linux, era dot com dan masih penemuan terbaru lainnya yang
belum bisa kita sebutkan satu persatu. Semoga artikel penjelasan sejarah
perkembangan sistem informasi di atas bisa menambah pengetahuan kamu di dunia
komputer.
Sejarah dan Perkembangan Hardware
Sejarah perkembangan hardware dibedakan
dalam dua periode perkembangan yaitu periode sebelum tahun
1940 dan sesudah tahun 1940.Sebelum tahun 1940 dikatakan sebagai
evolusi komputer dengan teknologi mekanik.
Sejarah komputer dimulai
ketika lahirnya komputer generasi pertama yang diberi nama ENIAC (Electronic
Numerical Integrator and Calculator).Kebanyakan orang mengenal sejarah komputer
yang pertama kali dibuat adalah ENIAC. Komputer ENIAC yang merupakan komputer
elektronik yang mempunyai bobot seberat 30 ton, panjang 30 m dan tinggi 2.4 m
dan membutuhkan daya listrik 174 kilowatts. Padahal komputer digital pertama
sebenarnya adalah ABC (Atanasoff-Berry Computer). Adalah Vincent
Atanasoff ,pendiri ABC yang lahir pada 4 Oktober 1903 di Hamilton,
New York, namun dibesarkan di Brewster, Florida. Sejak kecil Atanasoff telah
menunjukkan ketertarikannya pada matematika adalah matematika binari dan
logika Boolean. Solusi itu dianggapnya pas untuk komputer digital yang sedang
dirancangnya.
Pada September 1939, Atanasoff mendapat suntikan dana sebesar 650
dolar AS. Selain itu, ia pun mendapat bantuan tenaga dan pikiran dari Clifford
Berry, salah satu mahasiswanya yang sama-sama gandrung akan solusi digital.
Atanasoff dan Berry
segera mewujudkan komputer impian mereka pada November 1939. Prototipe yang
mereka buat ternyata dapat bekerja. Atanasoff menamakan mesin hitung digitalnya
itu dengan ABC. Kependekan dari Atanasoff-Berry Computer. Namun ketenarannya
menjadi pudar setelah “diserobot” ENIAC.
Proposal ENIAC dirancang
pada tahun 1942 dan mulai di buat pada tahun 1943 oleh Dr. John
Mauchy dan John Presper Eckert di Moore School
ofElectrical Engineering (University of Pennsylvania) dan baru selesai
pada tahun 1946.
Komputer generasi
pertama dibangun selama interval tahun 1940 sampai dengan 1959. Meskipun ENIAC
ataupun ABC saling mengklaim sebagai komputer pertama didunia, namun mereka
bukanlah komputer yang dipasarkan secara komersial pertama didunia. UNIVAC adalah
jenis komputer pertama didunia yang dipasarkan secara komersial. Komputer jenis
ini diproduksi oleh produsen IBM dan Sperry yang
digunakan pertama kali untuk keperluan kalkulasi sensus penduduk
negara Amerika Serikat tahun 1951 dan dioperasikan sampai tahun
1963. Selain itu, IBM memproduksi IBM 605 dan IBM 701 tahun 1953 yang
berorientasi pada aplikasi bisnis dan merupakan komputer yang paling populer
sampai dengan tahun 1959. IBM 705 dikeluarkan untuk mengantikan IBM 701.
Adapun karakteristik
atau ciri-ciri dari komputer generasi pertama adalah yaitu berukuran
sangat besar, untuk penempatannya membutuhkan ruang 500 m2 dengan
menggunakan 18.000 tabung hampa udara, 75.000 relay dan saklar, 10.000
kapasitor dan 70.000 resistor. Ketika di operasikan membutuhkan daya listrik
sebesar 140 kilowatt dengan berat lebih dari 30 ton dan menempati ruangan
sekitar 167 m2 .
Komputer generasi kedua
dibangun sekitar tahun 1959 hingga tahun 1964 dengan mempunyai spesifikasi
antara lain menggunakan teknologi sirkuit berupa transistor dan diode
untuk mengantikan tabung vakum Sudah menggunakan bahasa pemrograman tingkat
tinggi seperti FORTRAN(Formula Translator) digunakan untuk penyelesaian
matematika dan COBOL(Common Bussiness Oriented Language) digunakan untuk
masalah peradagangan.
.Kapasitas memori utama dikembangkan dari Magnetic Core Storage.Menggunakan simpanan luar berupa magnetic tape dan magnetic disk .Kemampuan melakukan proses real time dan real sharing . Ukuran fisiknya sudah lebih kecil dari generasi pertama . Proses operasi sudah lebih cepat,yaitu bisa melakukan jutaan operasi per detik . Kebutuhan akan daya listriklebih kecil . Orientasinya program tidak lagi tertuju pada aplikasi bisnis, tetapi juga sudah ke aplikasi teknik .
.Kapasitas memori utama dikembangkan dari Magnetic Core Storage.Menggunakan simpanan luar berupa magnetic tape dan magnetic disk .Kemampuan melakukan proses real time dan real sharing . Ukuran fisiknya sudah lebih kecil dari generasi pertama . Proses operasi sudah lebih cepat,yaitu bisa melakukan jutaan operasi per detik . Kebutuhan akan daya listriklebih kecil . Orientasinya program tidak lagi tertuju pada aplikasi bisnis, tetapi juga sudah ke aplikasi teknik .
Selanjutnya komputer
generasi ketiga dibangun pada tahun 1964 sampai dengan tahun 1970 dengan
memiliki spesifikasi sebagai berikut antara lain
komputer generasi ketiga menggunakan teknologi Integrated
Circuit (IC)hingga generasi sekarang. IC di buat pertama kali oleh Texas
Instrumentsdan Fairchild Semiconductor pada tahun 1959 yang hanya
berisi enam transistor dan sekarang IC memiliki miliaran
transistor. Contoh Komputer Generasi III adalah: IBM S/360, UNIVAC 1108,
UNIVAC 9000, NCR Century, GE 600, CDC 3000. Komputer generasi ketiga mempunyai
ciri-ciri sebagai berikut antara lain :
· Karena
menggunakan IC maka kinerja komputer menjadi lebih cepat dan
tepat. Kecepatan hampir 10.000 kali lebih cepat dari komputer generasi
pertama .
· Peningkatan
dari sisi software.
· Kapasitas
memori lebih besar dan dapat menyimpan ratusan ribu karakter (sebelumnya hanya
puluhan ribu).
· Menggunakan
media penyimpan luar disk magnetik yang sifat pengaksesan datanya secara
acak dengan kapasitas jutaan karakter .
· Penggunaan
listrik yang lebih hemat.
· Kemampuan
untuk melakukan multiprosesing dan multitasking.
· Telah
menggunakan terminal visual display dan dapat mengeluarkan suara.
· Harga yang
semakin murah .
· Kemampuan
untuk melakukan komunikasi dengan komputer lain.
Komputer Generasi
Keempat adalah lanjutan dari Generasi Ke III yang dibangun mulai tahun
1970 sampai tahun 1980-an. Bedanya komputer GIV mengunakan IC yang lebih
kompleks dan terintegrasi. Large Scale Integration – Bipolar LSI – Very
LSI Ã yang dapat menampung ribuan hingga ratusan ribu IC. Tahun
1971 INTEL memperkenalkan microkomputer 4 bit yang
menggunakan chip prosesor dengan nama 4004 yang berisi 230 transistor
dan berjalan pada 108 KHz dan dapat mengeksekusi 60.000 operasi per
detik. Tahun 1972 INTEL memperkenalkan mikrokomputer 8008 yang memproses 8
bit informasi pada satu waktu .
Tahun 1974 INTEL
membuat Prosesor 8080 untuk tujuan umum pertama kali.Pada Generasi Keempat
tampilan monitor masih satu warna (green color)Komputer Generasi Ke empat
adalah IBM 370, Apple I dan Apple II, PDP-11, VisiCalc dan Altair yang
menggunakan prosesor Intel 8080 dengan sistem Operasi CP/M (Control Program for
Microposessor) dengan Bahasa Pemrograman BASIC (Beginner’s All
Purpose Symbolic Instruction Code) digunkaan untuk perhitungan matematika dan
perhitungan dagang yang sederhana..
Komputer generasi kelima
mulai dibangun pada tahun 1980-an. Akhir tahun 1980, IBM memutuskan untuk
membangun sebuah Komputer Personal (PC) secara masal.Tanggal 12 Agustus 1981
menjadi sebuah standard komputer PC yang dinamakan IBM-PC. Prosesor yang
digunakan 8088/8086 yang merupakan standar komputer saat itu dengan menggunakan
basis proses 18 bit per satuan waktu. Dengan lahirnya komputer IBM
bekerjasama dengan Microsoft untuk mengembangkan Software. Mulai
dikembangkan standar PC yang dikenal dengan PC-Compatible dan
dikembangkan oleh perusahaan seperti Intel dan Microsoft yang dipelopori oleh
Wiliam Bill Gates. Generasi kelima telah dilakukan pengembangan dengan apa
yang dinamakanJosepson Junction, teknologi yang mengantikan chip yang mempunyai
kemampuan memproses triliyunan operasi per detik sementara teknologi chip hanya
mampu memproses miliaran operasi perdetik.
Komputer pada generasi
ini komputer dapat menerjemahkan bahasa manusia serta adanya penghematan energi
komputer. Sifat ini dinamakan “artifical intelegence” Selain itu
berbasis GUI, Multimedia danMultikomunikasi. Contoh komputer
yang lahir generasi kelima berbasis x86, seperti chip 286 yang dikenalkan
tahun 1982 dengan 134.000 transistor, kemudian chip 386 tahun 1983 dengan
275.000 transistor, sedangkan chip 486 diperkenalkan pada tahun 1989 yang
memiliki 1,2 juta transistor.Selanjutnya tahun 1993 Intel memperkenalkan
keluarga prosesor 586 yang disebut dengan PENTIUM 1 dengan jumlah transistor
3,1 juta untuk melakukan MIPS (Million Instruction per Second). Kemudian
Generasi berikut Pentium 2, 3 dan 4. Pada akhir tahun 2000 Intel
memperkenalkan Pentium 4 yang merupakan prosesor terkahir dari keluarga Intel
dengan arsitektur 32 bit. Tahun 2001 Intel mengumumkan prosesor ITANIUM (Code
Named Merced) yang merupakan prosesor yang berbasis arsitektur 64 bit.
Kini sebuah komputer
modern mempunyai spesifikasi yang lebih canggih misalnya saja kapasitas RAM
(Random Access Memory) yang besar serta VGA (Visual Graphic Adapter) yang mampu
menjalankan program dengan kapasitas besar serta dengan gambar visual yang
bagus. Kini komputer memiliki bentuk yang lebih simple dan mudah dibawa kemana-mana.
Adapun bentuk dari komputer yang simpel tersebut antara lain Laptop, komputer
tablet, dll.
Produsen processor pun
semakin lama semakin menyempurnakan dan membuat varian-varian baru yang semakin
kompleks dan semakin memudahkan penggunanya. Sebut saja perusahaan processor
dunia Intel yang kini sudah memiliki generasi processor terbaru Intel i7 dengan
pilihan operating system Home Premium maupun Ultimate. Intel sebelumnya juga
sukses dengan processor generasi pentium, mulai dari pentium 1 hingga pentium
4, sebelum meluncurkan Intel Core 2 DUO yang disusul oleh generasi Intel i
mulai i3, i5 dan yang terakhir Intel i7.
Adapun contoh-contoh
hardware antara lain yaitu :
1. Prosesor atau CPU sebagai unit yang
mengolah data.
2. Memori RAM, tempat menyimpan data
sementara.
3. Hard drive, media penyimpanan semi
permanen.
4. Perangkat masukan, media yang
digunakan untuk memasukkan data untuk diproses oleh CPU, seperti mouse,
keyboard, dan tablet.
5. Perangkat keluaran, media yang
digunakan untuk menampilkan hasil keluaran pemrosesan CPU, seperti monitor dan
printer.
Hardware dalam sebuah
komputer masih terbagi lagi dalam dua kategori, yaitu input hardware dan output
hardware. Berikut penjabarannya :
1. Input
Hardware
Input adalah alat
yang digunakan untuk menerima input dari luar sistem, dan dapat berupa signal
input atau maintenance input. Contoh dari input hardware adalah Keyboard,
Alat Penunjuk( Mouse, Trackball), Joystick, Scanner, Webcam, dan Tablet grafis.
2. Output Hardware
· Hard-copy
device , yaitu alat yang digunakan untuk mencetakkarakter pada media keras
seperti kertas .
· Soft-copy
device, yaitu alat yang berfungsi untuk
menampilkankarakter pada media lunak yaitu
yang berupa sinyal-sinyal elektronik.
· Adapun
contoh dari outpit hardware adalah Printer dan Monitor.
II.
Sejarah dan Perkembangan Software
1. Software sebelum komputer generasi
pertama
Pada tahun 300 SM, bangsa Yunani menciptakan suatu system komunikasi yang disebut dengan polybius telegraph. System itu menggunakan obor untuk mengirim berita dari suatu tempat ke tempat lain.
Tahun 1842 perangkat lunak pertama muncul yang ditulis oleh Ada Augusta, anak perempuan dari Lord Byron. Software ini diterapkan pada Analytical Engine ciptaan Charles Babbage. Tahun 1933 Wallace J. Eckert menciptakan suatu program mekanik yang dipergunakan mengontrol jalannya suatu mesin yang merupakan gabungan dari beberapa mesin akuntansi.
2. Software semasa komputer generasi
pertama
Software pada generasi ini diciptakan oleh para ahli matematika dan ahli teknik yang digunakan untuk menyelesaikan problem yang muncul pada bidangnya. Program yang dibuat bersifat khusus karena hanya untuk satu aplikasi tertentu sehingga jika ingin digunakan untuk aplikasi lain, maka program yang baru harus dibuat lagi.
Untuk mengatasi kesulitan tersebut, maka orang menciptakan suatu bahasa pemrograman yang disebut bahasa tingkat tinggi. Dengan bahasa tingkat tinggi dilakukan dengan cara menulis program dalam bahasa Inggris yang diterjemahkan ke dalam bahasa mesin.
Komputer hanya sebagai
alat yang dapat mengerjakan perintah yang diberikan oleh manusia. Bahasa
yang diberikan ini menggunakan bahasa komputer.Bahasa komputer terdiri dari
beratusan macam. Setiap bahasa mempunyai ciri-ciri tersendiri yang sesuai
dengan bidangnya, seperti :
a. Bahasa Cobol (Common Bussiness Oriented
Language) digunakan untuk masalah peradagangan.
b. FORTRAN (Formula Translator) digunakan
untuk penyelesaian matematika
c. BASIC (Beginner’s All Purpose Symbolic
Instruction Code) digunkaan untuk perhitungan matematika dan perhitungan dagang
yang sederhana.
Ada beberapa aplikasi pemrograman yang sering dipergunakan, seperti : pengolah kata, perhitungan kolom dan lajur, serta untuk perhitungan statistik dan lain-lain. Untuk mengatasai agar jangan terlalu sering menulis ulang program, dibuat suatu paket program untuk penolah kata, paket program untuk perhitungan kolom dan lajur, paket program untuk perhitungan statistik dansebagainya.
Ada beberapa aplikasi pemrograman yang sering dipergunakan, seperti : pengolah kata, perhitungan kolom dan lajur, serta untuk perhitungan statistik dan lain-lain. Untuk mengatasai agar jangan terlalu sering menulis ulang program, dibuat suatu paket program untuk penolah kata, paket program untuk perhitungan kolom dan lajur, paket program untuk perhitungan statistik dansebagainya.
Pembuat paket program
pengolah kata cukup banyak, misalnya : WordStar, Microsoft Word dan Word
Perfect, Chi Writer dan lain-lain.
Jenis-jenis program
aplikasi adalah :
a. Microsoft Excel
Adalah program aplikasi
yang digunakan untuk menyelesaikan perhitungan berupa baris dan kolom.
b. Microsoft Powerpoint
Adalah program yang
digunakan untuk menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan presentasi.
c. Microsoft Access
Adalah program yang
digunakan untuk menyelesaikan masalah pengolahan data / database.
d. Computer Aided Design
Untuk menangani bidang
ilmu pengetahuan dan teknologi, seperti : merancang gedung, merancang bentuk
mobil dan sebagainya.
e. DecEasy Accounting
Untuk menyelesaikan
masalah perhitungan/pelaporan dalam bidang akuntansi dan sebagainya.
Berdasarkan
perkembangannya perangkat lunak sampai dengan sekarang dibagi menjadi beberapa
era yaitu :
§ Era Pemula (Pioneer) Bentuk perangkat lunak pada
awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer, Pada
era ini, perangkat lunak merupakan satu kesatuan dengan perangkat kerasnya.
§ Era Stabil Pada era stabil penggunaan komputer sudah
banyak di gunakan, tidak hanya oleh kalangan peneliti dan akademi saja, tetapi
juga oleh kalangan industri / perusahaan.
· Perusahaan
perangkat lunak bermunculan, dan sebuah perangkat lunak dapat menjalankan
beberapa fungsi
· perangkat
lunak mulai bergeser menjadi sebuah produk.
· Baris-baris
perintah perangkat lunak yang di jalankan oleh komputer bukan lagi satu-satu,
tapi sudah seperti banyak proses yang di lakukan secara serempak (multi
tasking).
· Sebuah
perangkat lunak mampu menyelesaikan banyak pengguna (multi user) secara
cepat/langsung (real time).
· Pada era
ini mulai di kenal sistem basis data, yang memisahkan antara program (pemroses)
dengan data (yang di proses).
· Era Mikro Sejalan dengan
semakin luasnya PC dan jaringan komputer di era ini, perangkat lunak juga
berkembang untuk memenuhi kebutuhan perorangan. Perangkat lunak dapat di
bedakan menjadi perangkat lunak sistem yang bertugas menangani internal dan
perangkat lunak aplikasi yang di gunakan secara langsung oleh penggunanya untuk
keperluan tertentu. Automatisasi yang ada di dalam perangkat lunak mengarah
ke suatu jenis kecerdasan buatan.
Era Modern Saat ini
perangkat lunak sudah terdapat di mana-mana, tidak hanya pada sebuah
superkomputer dengan 25 processor-nya, sebuah komputer genggampun telah di
lengkapi dengan perangkat lunak yang dapat di sinkronkan dengan PC.
Tingkat kecerdasan yang
ditunjukkan oleh perangkat lunak pun semakin meningkat, selain permasalahan
teknis, perangkat lunak sekarang mulai bisa mengenal suara dan
gambar. Bahkan kini terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat menghibur si
pengguna komputer, semisal aplikasi permainan maupun lainnya.
Software Komputer adalah kumpulan dari
intruksi atau statement yang di susun secara logis dan berbentuk kode yang
hanya dapat di mengerti oleh komputer. Teori pertama tentang Software Komputer
diusulkan oleh Alan Turing pada tahun 1935-nya nomor esai Komputasi dengan
aplikasi ke (masalah Keputusan) Entscheidungsproblem. “Software” istilah
pertama kali digunakan di cetak oleh John W. Tukey pada tahun 1958. Dalam ilmu
komputer dan rekayasa Software, Software adalah semua informasi diproses oleh
program sistem komputer, dan data.
Software Komputer ini berangsur-angsur
mengalami perkembangannya. Berdasarkan perkembangannya, Sejarah Perkembangan Software Komputer dibagi
dalam beberapa era yaitu Era Pioneer, Stabil, Mikro, dan Modern. Berikut adalah
Sejarah Perkembangan Software Komputer :
1. Era Pioneer. Pada Era Pioneer ini bentuk software
komputer pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam
komputer, Cara dalam mengakses komputer adalah menggunakan punched card yaitu
kartu yang di lubangi. Penggunaan komputer dengan sebuah program yang digunakan
untuk sebuah mesin tertentu dan untuk tujuan tertentu. Di era ini software
komputer merupakan satu kesatuan dengan sebuah hardware
komputer.
2. Era Stabil. Pada Era ini software komputer yang
dijalankan bukan lagi satu-satu, tapi sudah banyak proses yang di lakukan
secara bersamaan (multi tasking). Software Komputer pada
era stabil ini juga mampu menyelesaikan banyak pengguna (multi user) dan secara
cepat/langsung (real time). Di era ini jugalah mulai di kenal sistem basis
data, yang memisahkan antara program dan data .
3. Era Mikro. Pada Era Mikro ini software komputer
dapat dibedakan menjadi beberapa bagian yaitu Software Sistem (Windows, Linux,
Machintos, dll), Software Aplikasi (Ms.Office, OpenOffice, dll) dan Languange
Software/Bahasa Pemograman (Assembler, Visual Basic, Delphi, dll)
4. Era Modern. Pada Era Modern ini software komputer
tidak hanya untuk sebuah komputer tetapi sebuah handphone pun telah di lengkapi
dengan sebuah software sistem seperti Android, Symbian, dll. Tingkat kecerdasan
yang ditunjukkan oleh software komputer pun semakin meningkat, selain
permasalahan teknis, software komputer sekarang juga mulai bisa mengenal suara
dan gambar.
Tahun-tahun
Penemuan Software Komputer
# Pada tahun 1945 sampai
1965
Istilah software engineering digunakan pertama
kali pada akhir 1950-an dan awal 1960-an. Pada tahun 1968 dan 1969, komite
sains NATO mensponsori dua konferensi tentang rekayasa perangkat lunak, yang
memberikan dampak kuat terhadap perkembangan rekayasa perangkat lunak. Banyak
yang menganggap bahwa dua konferensi inilah yang menandai awal resmi profesi
rekayasa perangkat lunak.
# Pada tahun 1965 sampai
1985
Pada tahun ini banyak masalah yang ditemukan
para praktisi pengembangan perangkat lunak. Pada tahun ini disebut juga sebagai
krisis perangkat lunak. Karena banyak projek yang gagal dalam pengembangan
perangkat lunak komputer ( software komputer). Dalam projek ini banyak
kasus-kasus yang terjadi, salah satu yang paling terkenal adalah meledaknya
roket Ariane akibat kegagalan perangkat lunak.
# Pada tahun 1985
Selama bertahun-tahun, para peneliti
memfokuskan usahanya untuk menemukan teknik jitu untuk memecahkan masalah
krisis perangkat lunak. Berbagai teknik, metode, alat, proses diciptakan dan
diklaim sebagai senjata pamungkas untuk memecahkan kasus ini. Mulai dari
pemrograman terstruktur, pemrograman berorientasi object, perangkat pembantu
pengembangan perangkat lunak (CASE tools), berbagai standar, UML hingga metode
formal diagung-agungkan sebagai senjata pamungkas untuk menghasilkan software
yang benar, sesuai anggaran dan tepat waktu.
Pada tahun 1987, Fred Brooks menulis artikel
No Silver Bullet, yang berproposisi bahwa tidak ada satu teknologi atau praktik
yang sanggup mencapai 10 kali lipat perbaikan dalam produktivitaspengembangan perangkat lunak dalam tempo 10 tahun.
Mengembangkan sistem software yang
kompleks,cukup kompleks, membutuhkan waktu dan biaya yang cukup besar. kita
akan melihat pada lima metodologi secara garis besar yang biasanya dikembangkan
dan digunakan:
1. Structured Programming - Sturctured programming berurusan
dengan penggunaan blok sturktur, state procedure call, dan beragam konstruksi
loop yang sesuai. Kita dapatkan mantra baru untuk ini:”go to considered
harfull”(kita mencari hal yang diperkirakan salah/merugikan).Ide yang cukup
jelas untuk memberikan pengetahuan/pengertian terhadap flow kontrol program
dengan mudah, agar program disusun secara terstruktur dan transparan. Penulis
berpendapat bahwa ide dari structured programming telah terintegrasi pada semua
metodologi yang muncul setelahnya.
2. Object Oriented Programming - Metodologi Object Oriented Programming
(OOP) berkembang dari ide structrured programming. OOP mengatur komplesitas
software dengan memaketkan kode dan data yang biasa digunakan bersama. sebagai
object software dan juga sebagai model benda non-material seperti prosess, cara
mengorganisasi informasi dan lain sebagainya sebagai object software.
Sebuah object software dapat menjaga internal
statenya sendiri. Hal ini sangat berbeda dengan program terstruktur yang
kodenya bisa terstruktur dan dapat dimengerti dengan mudah, tetapi global data
yang dipakai bersama terdapat pada semua bagian sistem software-termasuk
didalamnya bagian tanpa kebutuhan untuk akses atau modifikasi data tersebut.
3. Design Patterns - Pada pengembangan software, penggunaan
design patern didasarkan pada observasi bahwa beberapa proyek software gagal
sementara proyek yang mirip berhasil (hal ini dapat berupa pola managemen, pole
penjadwalan, pola testing dll). pada desain software, penggunaan pola
didasarkan pada observasi lebih lanjut pada pola desain umum untuk tugas yang
hampir sama digunakan berulangkali untuk proyek yang berhasil.
4. Extreme Programming - Extreme programming didasarkan pada
identifikasi kebutuhan kostumer dan berkonsentrasi pada pengembangan dan
pembuatan kebutuhan pelanggan (kostumer) dengan cepat. Extreme programming
merupakan pendekatan yang berbeda dengan skenario tradisional yang memerlukan
waktu baik pengembang maupun pelanggan untuk mencoba (biasanya dengan tingkat
kesuksesan yang terbatas) mendokumentasikan secara detail software yang telah
dikembangkan selama beberapa lama waktu yang dihabiskan. pengembang yang
berpengalaman mengerti bahwa implementasi yang ter-stag secara positif
berpengaruh pada proses desain. extreme programming secara special efektif
ketika kebutuhan kompleks dan tidak memerlukan hal seperti sebelumnya.
Extreme programming biasanya dideskripsikan
sebagai sebuah phrase yang cukup berarti bagi penulis: test driven programming,
menulis kode test sebelum menulis kode aplikasi, kemudian menulis software
cukup untuk memenuhi unit test
5. Aspect oriented Programming - Ide utama dibalik aspect oriented
programming (AOP) adalah pemisahan konsentrasi sistem software pada bagian yang
berbeda. pada prinsipnya, pilosofi ini mengijinkan pengembangan sistem yang
lebih modular, dengan modularitasnya terkontrol oleh konsentrasi pengembangan
yang berbeda. untuk programmer java, direkomendasikan untuk mencari AspectJ
project
profesi yang ada di SI
antara lain Programmer, Junior
Manager Assistant , System Analyst Assistant, Application
development, Monitoring System, Search Engine Optimizer, Network
Administrator, dan beberapa pekerjaan yang masih berkaitan dengan teknologi
informasi lainnya. Perusahaan yang membutuhkan adalah perusahaan yang bergerak
di berbagai bidang, mulai dari perbankan, keuangan, asuransi, otomotif,
industri software, dan lainnya. Sistem kerja ada yang tetap, per jam,
kontrak, paruh waktu, dan sebagainya.
profesi yang ada di TI
1. PROGRAMMER
Programmer merupakan profesi yang cukup banyak
diincar oleh lulusan TI karena kemungkinan gaji yang didapat lumayan besar.
Programmer yaitu bekerja dengan membuat suatu
aplikasi untuk client/user baik untuk perorangan ataupun instansi/perusahaan.
Untuk 1 program yang dibuat bisa dibayar
puluhan juta rupiah.
Tetapi biasanya programmer tidak bekerja
sendiri melainkan kelompok oleh karena itu jurusan TI harus mampu untuk bekerja
teamwork.
Untuk programmer sendiri harus bisa memahami
logika dan algoritma untuk memcahkan masalah di dalam program tersebut.
Banyak sekali program yang bisa dibuat oleh
programmer dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman.
Jadi seorang programmer setidaknya harus
menguasai sekali satu bahasa pemroraman.
Tugas:
1. Membangun/mengembangkan software terutama
pada tahap construction dengan melakukan coding dengan bahasa pemprograman yang
ditentukan
2. Mengimplementasikan requiremant dan desain
proses bisnis ke komputer dengan menggunakan algoritma /logika dan bahasa
pemprograman
3. Melakukan testing terhadap software bila
diperlukan
Keahlian yang Diperlukan:
1. Menguasai Algoritma dan logika pemprograman
(ini penting sekali)
2. Memahami metode, best practice dan
tool/pemodelan pemprograman seperti OOP, design pattern, UML (kemampuan membaca
dan menerapkan)
3. Menguasai salah satu atau beberapa bahasa
pemprograman populer seperti C++, VB, PHP, C#, Java, Ruby dll (untuk web
developer perlu juga menguasai HTML, DHTML, CSS, JavaScript dan AJAX)
4. Memahami RDBMS dan SQL (Structured Query
Language)
5. Menguasai bahasa Inggris (hal ini sangat
penting saat ini karena bahasa en-US merupakan bahasa ibu di dunia IT)
2. NETWORKING / JARINGAN
Profesi ini juga cukup banyak untuk jurusan
TI. Disini kita harus mampu untuk membangun sebuah jaringan untuk perusahaan
kecil maupun perusahaan besar.
Kita harus bisa merencanakan kira-kira
topologi apa yang harus dibuat dan apa saja yang deperlukan seperti berapa
server yang harus digunakan, berapa workstation yang dipakai, hub / switch
berapa banyak yang digunakan,dsb.
Alat-alat yang digunakan harus direncanakan
dengan baik agar sesuai dengan perusahaan sehingga tidak berlebih atau
kekurangan.
Disini juga kita harus bisa memasang jaringan
itu.
Jaringan memiliki lisensi resmi yaitu CISCO.
Diusahakan untuk mengikuti lisensi ini bila
ingin menjadi networking.
3. SYSTEM ANALYST
Tugas:
1. Membangun/mengembangkan software terutama
pada tahap requirement, design dan sebagian dalam tahap
construction/implementation
2. Membuat dokumen requiremant dan desain
software berdasarkan proses bisnis customer/client
3. Membuat proposal dan mempresentasikannya di
hadapan stake holder / customer / client
4. Membuat desain database bila aplikasi yang
akan di bangun memerlukan database
5. Membangun/mengembangkan framework/library
untuk digunakan dalam pengembangan software oleh programmer.
Keahlian yang Diperlukan:
1. Menguasai hal-hal yang dikuasai programmer
2. Menguasai metode, best practice
pemprograman dan tool/pemodelan pemprograman seperti OOP, design pattern, UML
(kemampuan membangun/mendesain)
3. Menguasai SQL,ERD dan RDBMS secara lebih
mendalam
4. Memahami tentang arsitektur aplikasi dan
teknologi terkini
4. IT SUPPORT
Paling banyak lulusan teknik informatika yang
mengambil profesi ini, mereka menganggap bahwa profesi ini paling mudah. Cukup
dengan memiliki kemampuan untuk memperbaiki komputer, install software, atau
membuat jaringan komputer. Profesi ini harus dapat mengatasi masalah pada
komputer dalam kondisi kritis, misalnya terserangnya sistem komputer oleh
virus. Selain itu profesi ini harus mengerti dan selalu update tips dan tricks
aplikasi office, atau lainnya. Banyak pengguna yang masih membutuhkan bantuan
dalam mengoperasikan aplikasi office atau aplikasi lainnya.
Tapi sayang sekali bila kita mengambil profesi
ini karena tanpa kuliah di jurusan TI pun kita dapat melakukannya dengan
belajar secara OTODIDAK maupun dengan LES Komputer.
5. SOFTWARE ENGINEER
Tugas:
1. Melakukan tugas-tugas programmer, system
analyst dan sebagian tugas SQA engineer
2. Merekomendasikan dan menerapkan metodologi
terbaik dalam sebuah proyek software development
Keahlian yang Diperlukan:
1. Menguasai hal-hal yang dikuasai programmer,
system analyst dan SQA engineer (dalam porsi yang lebih sedikit)
2. Menguasai SDLC berdasarkan SWEBOK
(requirement, design, implementation/construction, testing, maintenance)
3. Menguasai metodologi software development
seperti RUP, Agile, XP, Scrum dll
6. DATABASE ADMINISTRATOR
Tugas:
1. Merancang dan membangun database dalam
sebuah sistem
2. Merekomendasikan solusi terbaik dalam
implementasi database baik dalam hal software maupun hardware
3. Memaintain database agar dapat berjalan
dengan baik dan optimal
Keahlian yang Diperlukan:
1. Menguasai ERD, SQL dan desain database
secara mendalam
2. Menguasai berbagai teknik
optimalisasi/tuning, backup dan maintain database
3. Menguasai secara mendalam salah satu atau
lebih RDBMS beserta tools yang ada.
4. Memahami tentang salah satu platform/bahasa
pemprograman untuk mengakses database
5. Menguasai teknologi server, storage,
operating system yang berkaitan dengan implementasi database
7. SOFTWARE ARCHITECT
Tugas:
1. Merekomendasikan teknologi yang paling
cocok untuk mengembangkan produk software
2. Membuat standar-standar software
development yang akan digunakan oleh tim programmer / developer
3. Membuat rancangan/desain software dan
proses pengembangannya secara keseluruhan
Keahlian yang Diperlukan:
1. Menguasai hal-hal yang dikuasai programmer,
system analyst dan software engineer
2. Menguasai secara mendalam tentang software
development technology
3. Menguasai penulisan dokumen dengan baik
(dalam bahasa Inggris dan Indonesia)
8. TECHNICAL CONSULTANT / CONSULTANT IT
Tugas:
1. Memberikan konsultansi/rekomendasi mengenai
solusi IT terbaik untuk memecahkan masalah
2. Membuat dokumen seperti proposal,
requirement dan desain software secara umum
3. Melakukan pelatihan (training) kepada para
pengguna software
Keahlian yang Diperlukan:
1. Berpengalaman dan menguasai berbagai macam
proses bisnis enterprise atau jenis bisnis terentu
2. Menguasai teknologi IT secara luas
3. Menguasai secara mendalam tentang solusi
software yang direkomendasikan
4. Menguasai penulisan dokumen dan komunikasi
verbal dengan baik (dalam bahasa Inggris dan Indonesia)
9. USER INTERFACE DESIGNER
Tugas:
1. Mendesain user interface agar menarik dan
serasi secara visual dan user friendly
2. Mendesain image/gambar/animasi yang akan
digunakan di tampilan user interface (UI) software aplikasi
Keahlian yang Diperlukan:
1. Memiliki bakat/minat di seni rupa / desain
visual
2. Memahami dasar-dasar pemprograman baik web
maupun secara umum
3. Menguasai scripting untuk user interface
seperti seperti HTML, DHTML, CSS, JavaScript, action script, XAML dll.
4. Menguasai tools manipulasi image dan
animasi
10. WEB MASTER
Profesi ini banyak juga diambil oleh lulusan
TI.
Jika ingin menjadi web master kita harus
memiliki kemampuan dalam membangun / membuat website dari awal dengan
menggunakan berbagai macam program seperti JOOMLA, DREAMWEAVER, dll.
Komentar
Posting Komentar